Memulai Usaha Dari NOL


Inti Usaha dari Nol adalah menciptakan peluang usaha sendiri baik dari yang belum ada menjadi ada atau meramu yang sudah ada menjadi lebih baru. Tentunya dalam hal ini seorang pengusaha harus lebih sabar, tekun dan harus tahan akan proses berbisnis yang kadang mungkin tidak sesuai teori. Karena di dalam dunia bisnis banyak hal yang mempengaruhi baik masalah internal dan eksternal sehingga bisa berbeda jauh dengan yang diharapkan.Dalam melalui proses waktu tidak sedikit orang yang mencoba berbisnis sering merasa gagal sehingga tidak sanggup untuk meneruskan apa yang menjadi tujuan utamanya.

Untuk hal ini kita harus selalu melakukan evaluasi diri apakah tindakan kita sudah tepat dan benar. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa kita gagal. Pesan saya adalah jangan mudah berhenti untuk sebuah impian. Ini memang tidak mudah, karena saya juga mengalami sendiri, sejak lulus kuliah pekerjaan saya adalah programmer freelance. Dalam perkembangannya saya mengalami kewalahan dan membuat saya seperti robot, waktu istirahat menjadi kurang, bahkan waktu pribadi pun tersita, Lama-lama saya menyadari bahwa jenis pekerjaan ini banyak menguras pikiran tenaga dan sepertinya waktu yang mengendalikan saya. Untuk itu saya mencoba mengevaluasi diri bagaimana bekerja tanpa mengesampingkan hal hal yang lain, ya jawaban yang tepat adalah saya harus membuat team yang tangguh, yang mampu bekerja sama di dalam keadaan suka maupun duka.

Pada tahun 2008 tepat nya dibulan juni saya dan rendra membentuk team TransCODE Software dan sampai saat ini transcode software masih seperti anak bayi yang belajar merangkak. Walaupun kebebasan finansial belum kami rasakan tapi saya dan team banyak memperoleh pelajaran bahwa dalam berwirausaha dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan motivasi diri yang kuat untuk berhasil. Dan keberhasilan itu akan tercipta jika tindakan nyata kita konsisten dan berserah diri kepada Tuhan.

Inilah rumusan logika keberhasilan yang saya ambil dari proses perenungan, pengamatan mengenai usaha dan doa.

Keberhasilan = usaha + Doa

Semoga tulisan ini menjadi sedikit infomasi yang memberikan banyak inspirasi.



Satu pemikiran pada “Memulai Usaha Dari NOL

Tinggalkan Balasan

