Formasi Formula Bisnis 2 & 4


Walaupun profesi saya sebagai programmer namun saya juga senang sekali berdiskusi dengan para pemilik bisnis, salah satunya adalah mas guntur bos angkring presto, kebetulan sekali saya membuatkan program untuk restoran nya. Beliau mengatakan 2 orang dan 4 orang adalah angka formasi formula bisnis yang tepat apabila ingin melakukan join atau berpatner dalam membangun bisnis. Tentunya angka ini tidak muncul secara tiba-tiba, melainkan melalui proses dari para pebisnis yang sudah berpengalaman dan ia pun melakukanya.

Mengapa 2 dan 4 ?

Menurut mereka yang sudah berpengalam hal terburuk dalam melakukan join bisnis adalah ketika tujuan yang semula sama berubah menjadi berbeda, hal ini bisa di sebabkan, pembagian kerja yang tidak seimbang, pembagian hasil yang tidak adil atau sudah tidak ada kecocokan sehingga menimbulkan iklim kerja yang tidak kondusif lagi. Apabila sebuah bisnis di miliki 2 atau 4 orang, ketika ada masalah tersebut di atas, biasanya lebih mudah di atasi. Akan berbeda apabila 3 orang dan 5 orang,  atau ganjil yang sering terjadi bila ada perbedaan menyebabkan kubu 2 lawan 1 (join 3 orang), atau 3 lawan 2 untuk (join 5 orang).

Semoga tulisan sederhana menjadi manfaat buat anda yang ingin berbisnis, belajar dari kesalahan bisnis orang lain merupakan cara cerdas untuk mencapai tujuan tanpa harus melakukan kesalahan dengan melakukan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s