Mengenal Sejarah WordPress


Untuk mengenal lebih jauh. tentang wordpress sebaiknya kita juga mengetahui tentang sejarahnya. Dengan mempelajari sejarah wordpress diharapkan kita akan lebih mudah memahami kinerja wordpress dan cara menggunakannya bahkan mungkin mengembangkannya.

Menurut sumber informasi yang saya dapat dari wikipedia wordpress dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2. Mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh programmernya yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangnya.

Tahun 2003 merupakan adalah awal kemunculan wordpress, hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas  sumber yang terbuka untuk blog tersebut.

WordPress sendiri menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu wordPress.com dan WordPress.org :

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang rumit seperti yang sudah saya lakukan. Pengguna wordpress.com juga tidak perlu mendesain template karena wordpress.com sudah menyediakannya baik yang gratis maupun yang (berbayar) premium.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. Keberdaan WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

  • WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  • WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

3 pemikiran pada “Mengenal Sejarah WordPress

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s